The Bawean Island

Komunitas Orang Boyan

Bawean, pulau seribu masalah

saya pulang ke Bawean sekali setahun. Biasanya liburan panjang Bulan Ramadhan. Setiap kali pulang, setiap kali itu pula saya menemui permasalah baru di Bawean.

Pada tahun lalu, ketika saya mau berangkat dari Gresik ke Bawean, saya sudah mendapatkan masalah, yaitu pengelolaan kapal yang amburadul. Saya pun hampir tidak bisa pulang, walaupun saya sudah mendapatkan ticket. Alasan pihak kapal, kapal sudah sudah tidak memungkinkan karena overload. saya pun, bersama beberapa penumpang lain yang dirugikan, akhirnya memprotes. Protesnya adalah agar pihak kapal mengganti kerugian kami yang tidak jadi berangkat. akhirnya pihak kapal mengabulkan permintaan kami, dengan diberi fasilitas penginapan dan akan diberangkan esoknya.

Persoalan ini bagi saya harus cukup saat itu saja. Saya, seperti orang bawean yang lain, tidak ingin melihat persoalan perkapalan seperti itu lagi. Jangan sampai ini terjadi kepada saudara-saudara bawean yang lain. Cukup itu terjadi pada saya dan teman-teman.

Namun nampaknay persolan kapal berlajut sampai sekarang. Kabar terakhir, harga kapal sudah sangat mahal, sudah mencapai 200-300 rb. Saya nggak tahu pasti kebenarannya. tapi kalo itu benar adanya, Ini tentu memukul orang bawean semua. jangankan dengan harga sekarang yang mencekik itu, harga yang dulu aja sudah begitu memberatkan. Kalo dibandingkan dengan harga kapal lain di seluruh Indonesia, harga kapal ke Bawean yang 100 rb saja sudah paling mahal se Indonesia. Bandingkan, seumpamany, dengan harga kapal ke Pulau Kangean yang jaraknya yang hampir sama yang hanya sebesar tidak lebih dari rp.50.000.

Tentu ini adalah penindasa bagi warga bawean. Kalo perkapalan yang menuju Bawean di kuasai oleh orang Bawean. Tentu saja ini istilahnya jeruk makan jeruk. Orang Bawean makan orang bawean sendiri. sungguh menyedihkan.

Itu baru persolan kapal. Belum lagi persoalan-persoalan yang lain yang masih banyak di bawean. entah kalo seperti ini, akan jadi apa bawean nanti.

Juli 13, 2008 - Posted by | Uncategorized | , , , ,

19 Komentar »

  1. lalu, apa yang akan anda lakukan? melihat semua itu?
    thanks

    Komentar oleh boyan's blood on the sunday morning | Agustus 17, 2008

  2. itulah yang harus kita pikirkan. karena posisi kita bukan pemegang kebijakan, maka harus melakukan usaha2 ekstra palemen. salah satucara seperti yang dilakukan beberapa teman2 mhs beberapa waktu yang lalu. tentu gerakan semacam itu perlu dukungan semua pihak agar konsistensinya tetap terjaga. kalau kita bisa melibatkan masyarakat untuk bergerak, gerakan macam itu malah akan lebih baik.

    Komentar oleh baweanisland | Agustus 17, 2008

  3. kenapa anda hanya bisa mengeluh?dan mengeluh??? apakah anda sendiri sudah punya konstribusi untuk bawean?

    Komentar oleh zhayzhee | Desember 13, 2008

  4. ternyata orang Bawean di dunia maya tidak juga kesepian. Kalau ada yang mengatakan anda seorang pengeluh, itu lebih mengagumkan daripada seorang penjilat. Bukan apa-apa karena aku juga sering mengeluh. berkunjung kesini yah!
    http://arulchandrana.penulisindonesia.com

    Sampean dori nape? Sangkapora ke Tambok? Bule dori Kumalasa

    Komentar oleh davidjuly | Desember 22, 2008

  5. a’skum..saya awin from malaysia..orang tua,datuk dan moyang saya orang bawean..tapi saya anak kelahiran malaysia..saya bangga dengan adanya web untuk bawean..sekurang-kurang nya saya mengetahui dengan lebih dekat..

    Komentar oleh maswin | Januari 1, 2009

  6. masalah transportasi adalah masalah klasik, semua penduduk yang bermukim di daerah kepulauan akan terbentur masalah transportasi laut, alam yang kurang bersahabat dan alasan klise lainnya.
    yang harus kita pertanyakan adalah dimana tanggung jawab pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan terhadap masarakat. kalo pemerintahnya cuek sekuat sekuat apapun kita menyuarakan aspirasi, ya tetep aja ksysk brterisk dslsm ser…makanya pilih wakil rakyat yang bisa mendobrak kecuaekan pemkab gresik…niar kita dapat kapal, sukur kalo gratis.

    Komentar oleh chiko | Maret 28, 2009

  7. p.bawean itu susah maju karena pulaunya terisolasi dari pulau2 lain sementara sdmnya yg berpotensi sudah pada keluar dr p.bawean. beremmma coong.

    fauzi- bandung

    Komentar oleh fauzi | Mei 24, 2009

  8. Bikin proposal untuk membangun bandara untuk pesawat angkut sipil/militer kecil, bagaimana?

    Saya mah bukan orang Bawean. Tapi kalau sukses, kan maskapai untung orang Bawean juga untung. Hehe.

    (*sori jangan marah yaah orang-orang Bawean. Ini usul ala kadarnya. Diterima sukur. Tidak diterima, jangan disemprot pemberinya, hehe*)

    Komentar oleh bangaip | Juni 24, 2009

  9. masalah trasportasi adalah penyakit yang takkunjung sembah bagi orang bawean :
    itu karena kurangnya perhatian pemda gresik bagi masyarakat bawean sehingga masyarakat bawean merasa tercekek dengan harga tiket kapal yang tahun ketahun tambah mahal belum lagi masalah listrik yang hampir tiap malah padam terus; padahal yang saya tau orang bawean banyak aktif di pemda gresik , dan yang saya takutkan adalah jangan sampai orang bawean makan orang bawean……. mudah mudahan tidak sepeti itu
    ( mari bersama sama kita berjuang untuk kemakmuran pulau tercinta kita )

    Komentar oleh mufid | Juli 14, 2009

  10. Saya meyakini selama Bawean tidak menjadi KABUPATEN selama itu pula Bawean tidak akan pernah maju.Lihatlah kondisinya, dari dulu sampai sekarang tidak ada yang berubah tetap seperti pulau yang ketinggalan.Infrastruktur tidak ada, transportasi amburadul dan lain -lain. Padahal, kalau saja kita menyadari bahwa Bawean adalah pulau yang potensial, kekayaan alamnya mellimpah, tempat wisatanya menjajnjikan seperti pantai yang indah, gunung2 yang bagus.Dalam pandangan saya Bawean akan menjadi pulau yang maju bahkan sangat maju jika menjadi KABUPATEN dan itu mutlak diwujudkan.
    Oleh karena, utuk mewujudkan cita2 itu mari kita orang Bawean berjuang bersama menjadikan Bawean sebaga KABUPATEN

    Komentar oleh Hasis Bawean | Februari 5, 2010

  11. Wahai orang yang berwenang tarif kapal lautnya jangan mahal-mahal dong biar aq bisa sering-sering main ke Bawean.Omong-omong kalo tarif kpl laut segitu gimana lagi tarif pesawat terbang nanti ya….

    Komentar oleh Laili Wahyudi | Maret 10, 2010

  12. sebagai warga pulau bawean,saya juga merasakan betapa susahnya bagi kita semua perantau yang ingin pulau ke bawean,terutama pada saat lebaran.pa lagi saya cuma 1th sekali pulang ya pada saat lebaran.bukan cuma tiket tapi juga soal sistem pemberangkatan kapal.tapi itupun kita juga harus sadar bahwa terkadang masalah timbul karena mansyarakat bawean & aparat tidak ada yg mau ngalah (akarep kidhirik kabbhi) he..he..

    Komentar oleh LALA | Mei 4, 2010

  13. bawean pulau sejuta IMPIAN bagi kita. tapi kenapa semua itu tidak bisa terwujudkan.

    Komentar oleh delta | Mei 8, 2010

  14. kalau memang semua dari anda benar-benar menyangi pulau anda sendiri, kenapa anda tidak bersikeras membangun BAWEAN,Kita pandang dengan tajam pulau bawean mengenai. PLN, TRANSPORTASI LAUT,DARAT,UDARA Dan lain-lain. Kenapa anda semua biarkan begitu saja. TO SAY IS SO EASY TO DO IS DIFFICULT. Aku berharap kapada semua anda yang perduli dengan pulau bawean marilah kita buktikan kalau kita bukan orang yang bisa di bodohi oleh mereka.
    I CAME FOR YOU ALL.

    Komentar oleh delta | Mei 8, 2010

  15. hrus andalah sebagai putra bawean yg hrus membenahi semuanya itu,ngapain jauh2 sklah kluar pulau klo g bs memjukan pulaunya ndri………jgn cman krtik aj tpi benahi jg donkkkkkk

    Komentar oleh delphi | Oktober 7, 2010

  16. salam kenal, saya sedang browsing tentang pulau bawean, namun sedikit sekali informasi tentang pulau ini dan kemudian saya menemukan blog ini. maaf saya ingin tanya transportasi ke bawean, karena dlm waktu dekat ini saya ada rencana mengunjungi pulau bawean untuk suatu tujuan. mohon informasi tentang tempat pelabuhan/keberangkatan tujuan bawean, juga klo bisa jadwal keberangkatan. mohon infonya, terimakasih.

    Komentar oleh aziza | Maret 24, 2011

  17. bawean.net

    Komentar oleh Muhyiddin Shobri | November 5, 2011

  18. pendapat saya,pilihlah wakil rakyat yang bisa mengubah bawean ke arah yang lebih maju,pertama,usahakan listrik hidup 24 jam,kedua,uasahakan jalan cantik dan mulus dan yang ketiga,transportasi dari gresik kebawean berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan.kalau ketiga2 itu sudah di laksanakan insyaAllah bawean akan maju.

    Komentar oleh saiful kl.gubuk di malaysia. | Februari 26, 2012

  19. sebagai orang bawean saya ikut peduli dengan masalah transportasi ke bawean karena setipa pulang kampung selalu tidak dapat tiket …heheee

    tapi klo saja penanganan transportasi ini profesional munkin saja hal ini tidak terjadi setiap tahun dengan masalah yang sama,,,

    salam dari jauh,,,!!

    Komentar oleh dedawang | Maret 18, 2012


Tinggalkan komentar